SEMINAR DEBAT DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG dalam RANGKA BULAN BAHASA 2023

SEMINAR DEBAT BAHASA INDONESIA

Di SMA Kesatrian 1 Semarang

dalam Rangka Bulan Bahasa 2023

 

Semarang,– Seminar Debat Bahasa Indonesia adalah salah satu program kerja Esktra Debat, Puisi, dan drama di SMA Kesatrian 1 Semarang dengan tujuan memberikan pelatihan debat bagi siswa dan siswi SMA Kesatrian 1 Semarang agar memiliki kemapuan debat yang mumpuni untuk masa depan maupun untuk kompetisi-kompetisi debat baik nasional maupun internasional.

Seminar Debat Bahasa Indonesia (SDBI) tahun ini mengusung tema “Generasi Emas untuk Indonesia Hebat” yang bertujuan agar siswa dan siswi SMA Kesatrian kelak akan menjadi generasi emas untuk memajukan negara Indonesia dari bebrbagai aspek, selain itu acara SDBI dilakukan sebagai rangkaian kegiatan dalam menyongsong Bulan Bahasa 2023.

“Realisasi dari tema tersebut ialah dengan adanya Program Kerja Seminar Debat Bahasa Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan nalar bicara atau public speaking siswa dan siswi SMA Kesatrian 1 Semarang agar terarah yang nantinya mampu menjadi penopang persaingan di masa yang akan datang,” jelas Yunita Ketua ekstra Debat, Puisi, dan Drama SMA Kesatrian 1 Semarang.

Kegiatan Seminar Debat Bahasa Indonesia ini diikuti oleh sekitar 100 siswa dan siswi SMA Kesatrian 1 Semarang yang terdiri atas siswa kelas X, XI, dan XII. Dalam kegiatan SDBI terdapat dua narasumber yaitu Dr. Eko Sugiarto, M.Pd. dan Meina Febriani, S.Pd.,M.Si.. Kedua narasumber tersebut merupakan dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Dalam kegiatan tersebut Ibu Meina menyampaikan materi terkait definisi debat, Trik & tips debat serta Teknik debat sementara pemateri kedua Bapak Eko lebih kepada praktik membuat argument-argumen dari suatu mosi.

Seluruh peserta Seminar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena pemateri memberikan materi dengan ringan dan mudah diterima oleh peserta. Selain itu peserta diajak praktik langsung membuat argument dari sebuah mosi dan diajak mengungkapkan argument secara langsung di depan peserta lainnya. Hal tersebut menjadikan pengalaman yang berkesan tersendiri bagi setiap peserta. Kedepannya Seminar Debat Bahasa Indonesia akan menjadi program tahunan di SMA Kesatrian 1 Semarang mengingat besarnya antusias siswa dan siswi SMA Kesatrian 1 Semarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this Post


Leave a Comments

Kamu harus terdaftar sebagai anggota untuk berkomentar

0 Comments

popular post